Rabu, 01 Januari 2014

LATIHAN 6 LISTENING & BACA KITAB



TRANSKRIP CERAMAH & TERJEMAH
DOWNLOAD REKAMAN AUDIONYA DI SINI

DURASI CERAMAH: 43 DETIK
وَ قَدْ قَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ فِي هَذَا الْحَديْثِ مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا، جَاءَتْ لَفْظَةُ – خَيْرًا – هُنَا مُنَكَّرًا وَ هَذَا – كَمَا بَيَّنَ أَهْلُ الْعلْمِ – يُفِيْدُ تَفْخِيْمَ هَذَا الْخَيْرِ، لِأَنَّ التَّنْكِيْرَ هُنَا يُفِيْدُ التَّفْخِيْمَ وَ التَّعْظِيْمَ وَ الْكَثْرَةَ، وَ أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى أَرَادَ بِهِمْ خَيْرًا عَظِيْمًا وَ  فَضْلًا عَظِيْمًا بِأَنْ وَفَّقَهُمْ وَ يَسَّرَ لَهُمْ سُلُوْكَ طَرِيْقِ الْعِلْمِ وَ الدُّخُوْلَ فِي سَبِيْلِهِ.
Sungguh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda dalam hadits ini: “Barangsiapa yang Allah inginkan padanya kebaikan…”. Telah datang lafaz “kebaikan” di sini dalam bentuk isim nakiroh. Dan (isim nakiroh) ini –sebagaimana penjelasan ahli ilmu (ulama)- memberi faidah “membesarkan kebaikan ini”. Karena isim nakiroh di sini memberi pengertian: membesarkan, mengagungkan, dan membanyakkan. Bahwasannya Allah Subhanahu wa Ta’ala menginginkan untuk mereka kebaikan dan keutaman yang agung dengan cara memberi taufiq kepada mereka dan memudahkan mereka untuk menempuh jalan ilmu dan masuk ke jalan-Nya.


TASHRIF FI’IL


Berkata
قَالَ – يَقُوْلُ - قُلْ
Menjelaskan
بَيَّنَ – يُبَيِّنُ – بَيِّنْ
Memberi faidah
أَفَادَ – يُفِيْدُ – أَفِدْ
Memberi taufiq
وَفَّقَ – يُوَفِّقُ - وَفِّقْ

LATIHAN MEMBACA KITAB GUNDUL
Baca tulisan berikut tanpa melihat penjelasan sebelumnya, kemudian terjemahkanlah!

 و قد قال عليه الصلاة و السلام في هذا الحديث من يرد الله به خيرا، جاءت لفظة – خيرا – هنا منكرا و هذا – كما بين أهل العلم – يفيد تفخيم هذا الخير، لأن التنكير هنا يفيد التفخيم و التعظيم و الكثرة، و أن الله سبحانه و تعالى أراد بهم خيرا عظيما و  فضلا عظيما بأن وفقهم و يسر لهم سلوك طريق العلم و الدخول في سبيله.



CARA BELAJAR:
1.      FAHAMI isi traskrip terlebih dahulu. Gunakan kamus jika masih ada kosa kata yang belum dimengerti.
2.      BACA SENDIRI isi traskrip dengan suara keras. Baca berulang-ulang (minimal 3 kali sehari) sambil dihayati maknanya.
3.      DENGARKAN ceramah SAMBIL MELIHAT TRANSKRIP. Dengarkan berulang-ulang hingga benar-benar faham.
4.      DENGARKAN ceramah TANPA MELIHAT TRANSKRIP. Dengarkan berulang-ulang hingga benar-benar faham.
5.      GUNAKAN TRANSKRIP untuk berlatih MEMBACA KITAB GUNDUL & MENERJEMAHKANNYA.




SEMOGA BERMANFAAT

2 komentar:

  1. assalamu alaikum itu hunaa munakkaran atau munakkiran, trus i'robnya apa kenpa fathah? jazakumullahu khairan

    BalasHapus
  2. Wa'alikumussalam wa rahmatullahu wa barakatuh....

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kasih sudah berkenan mampir ke blog ini. Semoga kita senantiasa diberi tambahan ilmu dan diberi semangat serta kemudaahan untuk belajar ilmu-ilmu yang bermanfaat.

    Sebelum saya jawab, boleh saya bertanya: Kenapa menurut antum "munakkiron"? Apa alasannya?

    Adapun jawaban saya:
    Kenapa munakkaron? Karena itu adalah isim maf'ul dari "نَكَّرَ". Arti secara lafziahnya "dinakirohkan". Adapun kedudukannya adalah hal, sehingga manshub.

    Wallahu a'lam.

    BalasHapus