Minggu, 01 Desember 2013

LATIHAN 4 LISTENING & BACA KITAB



LATIHAN 4 LISTENING & BACA KITAB


TRANSKRIP CERAMAH & TERJEMAH

DOWNLOAD REKAMAN AUDIONYA DI SINI


أَيُّهَا الْإِخْوَةُ الْكِرَامُ، اَلْفقْهُ فِي دِيْنِ اللهِ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى بَابٌ يَقُوْدُ صَاحِبَهُ إِلَى الْفَضَائِلِ وَ إِلَى الْخَيْرَاتِ وَ إِلَى الثِّمَارِ الْعَظِيْمَةِ فِي الْعَاجِلِ وَ الْآجِلِ، جَاءَ فِي الْمُسْنَدِ وَ غَيْرِهِ مِنْ حَدِيْثِ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْه عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ، وَ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًى بِمَا يَصْنَعُ، وَ إِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَ مَنْ فِي الْأَرْضِ حَتَّى الْحِيْتَانُ فِي الْمَاءِ، وَ إِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ، وَ إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ فَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَ لَا دِرْحَمًا، وَ إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ.
فَهَذِهِ خَمْسَةُ فَضَائِلَ عَظِيْمَةٍ وَ جَلِيْلَةٍ جَمَعَهَا النَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم فِي مَقَامِ بَيَانِ فَضْلِ الْعِلْمِ وَ شَرَفِ أَهْلِهِ
Wahai saudara-saudara yang mulia, fiqih (pemahaman) tentang agama Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah pintu yang akan menuntun pemiliknya kepada keutaman-keutamaan, kebaikan-kebaikan, dan buah-buah yang agung di dunia dan di akhirat. Telah datang di dalam kitab Al-Musnad dan yang lainnya dari hadits Abud Darda Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan mudahkan baginya dengan ilmu itu jalan menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat meletakkan sayap-sayapnya untuk penuntut ilmu karena ridho dengan yang mereka lakukan. Sesungguhnya orang yang berilmu itu, penduduk langit dan penduduk bumi akan memintakan ampun untuknya, hingga ikan-ikan yang ada di air pun (akan memintakan ampun untuknya). Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dibanding ahli ibadah seperti keutamaan bulan di malam purnama dibandingkan seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya para ulama itu adalah pewaris para Nabi. Sesungguhnya para Nabi itu tidak mewarisi dinar dan dirham. Mereka hanyalah mewarisi ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya (ilmu itu), maka dia telah mengambil bagian yang banyak.
Ini adalah lima keutamaan yang agung dan mulia yang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah kumpulkan pada tempat penjelasan tentang keutamaan ilmu dan kemuliaan ahli ilmu.


TASHRIF FI’IL

Tinggi/Tertinggi
تَعَالَى – يَتَعَالَى – تَعَالَ
Menuntun
قَادَ – يَقُوْدُ – قُدْ
Datang
جَاءَ – يَجِيْئُ – جِئْ
Meridhoi
رَضِيَ – يَرْضَى – اِرْضَ
Meniti/Melalui (jalan)
سَلَكَ – يَسْلُكُ – اُسْلُكْ
Menuntut/Mencari
اِلْتَمَسَ – يَلْتَمِسُ – اِلْتَمِسْ
Memudahkan
سَهَّلَ – يُسَهِّلُ – سَهِّلْ
Meletakkan
وَضَعَ – يَضَعُ – ضَعْ
Meminta ampun
اِسْتَغْفَرَ – يَسْتَغْفِرُ – اِسْتَغْفِرْ
Mewariskan
وَرَّثَ – يُوَرِّثُ – وَرِّثْ
Mengambil
أَخَذَ – يَأْخُذُ – خُذْ
Melakukan/Berbuat
صَنَعَ – يَصْنَعُ - اِصْنَعْ
Mengumpulkan
جَمَعَ – يَجْمَعُ - اِجْمَعْ


LATIHAN MEMBACA KITAB GUNDUL
Baca tulisan berikut tanpa melihat penjelasan sebelumnya, kemudian terjemahkanlah!

أيها الإخوة الكرام، الفقه في دين الله سبحانه و تعالى باب يقود صاحبه إلى الفضائل و إلى الخيرات و إلى الثمار العظيمة في العاجل و الآجل، جاء في المسند و غيره من حديث أبي الدرداء رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه و سلم قال: من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة، و إن الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضى بما يصنع، و إن العالم ليستغفر له من في السماوات و من في الأرض حتى الحيتان في الماء، و إن فضل العالم على العابد كفضل القمر ليلة البدر على سائر الكواكب، و إن العلماء ورثة الأنبياء فإن الأنبياء لم يورثوا دينارا و لا درحما، و إنما ورثوا العلم، فمن أخذه أخذ بحظ وافر.
فهذه خمسة فضائل عظيمة و جليلة جمعها النبي صلى الله عليه و سلم في مقام بيان فضل العلم و شرف أهله



CARA BELAJAR:
1.      FAHAMI isi traskrip terlebih dahulu. Gunakan kamus jika masih ada kosa kata yang belum dimengerti.
2.      BACA SENDIRI isi traskrip dengan suara keras. Baca berulang-ulang (minimal 3 kali sehari) sambil dihayati maknanya.
3.      DENGARKAN ceramah SAMBIL MELIHAT TRANSKRIP. Dengarkan berulang-ulang hingga benar-benar faham.
4.      DENGARKAN ceramah TANPA MELIHAT TRANSKRIP. Dengarkan berulang-ulang hingga benar-benar faham.
5.      GUNAKAN TRANSKRIP untuk berlatih MEMBACA KITAB GUNDUL & MENERJEMAHKANNYA.




SEMOGA BERMANFAAT

3 komentar:

  1. afwan ustadz..ana izin untuk di downlod dan print buat belajar mandiri? jazakallah

    BalasHapus
  2. izin share ustat keren ilmunya ...

    BalasHapus