Senin, 03 Maret 2014

PERTANYAAN ANDA (1)



Pertanyaan:

Assalamu’alaykum… Saya ingin bertanya ustad terkait ilmu shorof tingkat lanjutan yg ada dalam buku fahimnaa.. Saya sudah hafal timbangan-timbangannya tsulasi mujarrod dan mazid (1 huruf-3 huruf) cuman setiap tambahan hurufkan merubah makna, nah tidak ada perincian bahwa misalnya af’ala berarti seperti ini.. Dan seterusnya, mohon bimbinganya ustad.

Jawaban:


Setau saya, setiap pola dalam ilmu shorof memiliki makna lebih dari satu. Jadi tidak hanya menunjukkan satu makna. Walaupun memang ada makna yang paling populer yang sering digunakan.

Misalnya saja pola AF’ALA أَفْعَلَ. Pola ini memiliki beberapa makna berikut:

>>> ME-KAN
Contoh: Mengelurkan أَخْرَحَ, Memasukkan أَدْخَلَ, dll.


>>> MEMILIKI (Ber-)
Contoh: Berbuah أَثْمَرَ, Berbunga أَزْهَرَ, dll.



>>> MENGANGGAP
Contoh: Menganggap besar أَكْبَرَ, Menganggap bakhil أَبْخَلَ, dll.


>>> MEMASUKI
Contoh: Memasuki waktu subuh أَصْبَحَ, Memasuki Iraq أَعْرَقَ, dll.

Dll.

Adapun makna yang paling populer adalah yang pertama, yaitu menunjukkan arti “ME-KAN”.

Kenapa hal ini tidak saya jelaskan di KITAB FAHIMNA?

Sesuai tujuan saya menulis KITAB FAHIMNA adalah untuk memudahkan para pelajar pemula dalam memahami ILMU NAHWU-SHOROF. Maka, menurut saya, akan tidak efektif jika hal ini saya sampaikan secara terperinci. Sebab nantinya akan menyulitkan para pelajar pemula. Beban mereka nanti akan menjadi semakin berat.

Menurut saya, cara yang paling efektif dalam belajar shorof untuk pemula adalah:

>>> Pertama, menghafal pola-pola inti.
>>> Kedua, menghafal mufrodat yang ada di setiap pola inti secara bertahap.

Adapun perincian tentang makna setiap pola bisa dipelajari nanti setelah menyelesaikan seluruh materi di KITAB FAHIMNA. Dan saya juga berencana untuk menuliskannya secara bertahap di blog ini. Jadi nantikan saja tulisan saya berikutnya.

Demikian. Semoga bermanfaat.


Bogor, Selasa pagi 2 Jumadal Ula 1435H/4 Maret 2014M

Muhammad Mujianto Al-Batawie


# Mohon maaf, untuk pertanyaan sebaiknya dilajukan via blog. Pertanyaan via SMS akan dijawab via blog. Harap maklum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar